Pasang Banner Disini

Pengertian: Virtual Environment Pada Python Dan Cara Membuatnya

Mengenal dan Membuat Virtual Environment pada Python
Python merupakan salah satu bahasa terpopuler yang ada di jagat maya. Python terkenal dengan Bahasa Pemrograman yang mempunyai banyak package/modul untuk berbagai macam keperluan, seperti Machine Learning, Web Development, AI, dan lainnya. Untuk mengelola package pada python terdapat sebuah tool bernama pip. Kita dapat mengunduh, menghapus, serta mengupdate package/modul Python menggunakan tool tersebut.

Secara default modul/package yang kita install tersimpan di /usr/lib/python3.x/site-packages. Namun dalam membuat sebuah projek Python alangkah baiknya kita membuat projek secara terisolasi dan tidak bercampur dengan projek lainnya.

Dalam Python hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah tool bernama Python Virtual Environment. Misal terinstall package Python seperti Django, NumPy, dan Flask. Nah, kita berencana ingin membuat sebuah aplikasi web dengan Django dan membuat data analisis dengan NumPy. Kita dapat memisahkan keduanya dengan menggunakan Virtual Environment.
Mengenal dan Membuat Virtual Environment pada Python

Menginstall Virtual Enironment

Pastikan bahwa perangkat kalian sudah terinstall Python, Jika belum silahkan install terlebih dahulu dengan link Download berikut sesuai sistem operasi yang dipakai.

Jika sudah install Virtual Environment dengan perintah berikut.
$ sudo apt install virtualenv

Buat sembarang directory di mana saja, misal saya membuat directory bernama Dev di ~/home/ihsan.
$ mkdir Dev

Masuk directory Dev, buka terminal/CMD ketikkan perintah berikut untuk membuat directory Virtual Environment.
$ python3 -m venv Env/

Setelah itu aktifkan VirtualEnv dengan perintah berikut.
$ source Env/bin/activate

Jika sudah aktif akan terlihat seperti berikut.
(env) ihsan@ihsan:~/Dev$

Untuk menonaktifkan VirtualEnv gunakan perintah berikut
$ deactivate

Demikianlah bagaimana cara menginstall Virtual Environment pada Python. Selanjutnya yang diperlukan adalah menginstal package/modul yang kalian butuhkan untuk development.