Pasang Banner Disini

Sepele? Apa Penyebanya Terjadinya NotResponding dan Cara Mengatasinya

Sepele? Apa Penyebanya Terjadinya NotResponding dan Cara Mengatasinya
Kali ini Adamin TatapKU ingin memberikian sebuah tips yan mungkin banyak orang yang menganggap ini hanya sebelah mata - Untuk penolongan pertama, menurut saya anda harus menekan CTRL + ALT + DEL untuk masuk ke Task Manager kemudian pilh aplikasi yang terdapat tulisan Not Responding kemudian End Task. 

Dan anda cek apakah komputer atau Laptop anda sudah bisa digunakan kembali atau belum.  Jika langkah pertama masih tidak bisa kita coba langkah yang kedua yaitu dengan mematikan paksa komputer anda.

Faktor faktor penyebab komputer HANG :

1. Komputer Hang karena CPU Panas (Overhead),  komputer yang dinyalakan dalam waktu yang lama tentu saja akan terjadi kepanasan pada perangkat di dalamnya, apalagi bila tempat anda memainkan komputer minim pentilasi udara tentu saja akan mengakibatkan komputer cepat panas. Untuk mengatasi hal tersebut :

2. Jika anda menggunakan laptop, letakan laptop dilantai atau meja jangan diatas bantal karena itu bisa mengakibatkan laptop cepat panas.

3. Jika anda memakai komputer, bukalah cassing CPU, apabila komputer anda sudah banyak debu alangkah baiknya anda bersihkan komponen dalam CPU seperti Motherboard, RAM dan kipas processor dari debu serta jangan lupa memberishkan thermal pasta yang sudah kering serta memakaikan kembali thermal pasta yang baru setelah anda membersihkan processornya.

2. Komputer Hang karena masalah pada Harddisk, ada beberapa masalah pada harddisk yang menyebabkan komputer hang diantaranya :


1. Kapasitas Harddisk Low Space, untuk mengatasinya anda bisa membersihkan file-file di system yg sudah tidak terpakai, anda bisa menggunakan software bawaan windows yaitu Disk Clean Up ataupun software tambahan Ccleaner.  Dan buang file-file yang sudah tidak berguna.

Defragment harddisk anda, caranya Start >> All Program >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragment.

2. Harddisk Badsector, untuk mengeceknya anda bisa menggunakan tools pada windows caranya klik kanan pada local Disk C dan D secara bergantian setelah itu pilih Properties kemudian pilih tools, dilanjutkan dengan memilih error checking, atau anda bisa menggunakan software tambahan yang marak di internet.

3. Komputer Hang karena VGA Card Rusak,untuk mengetahuinya cobalah cabut VGA Card anda dan periksa panas dari VGA Card anda jika panasnya tidak normal coba anda jalankan komputer tanpa menggunakan VGA Card.

4. Komputer Hang karena RAM, RAM yang kotor karena debu atau RAM yang kapastiasnya kecil juga bisa menyebabkan komputer menjadi hang, periksalah kembali kapasitas RAM anda dengan beberapa aplikasi yang sedang anda jalankan di Task Manager, jika kapasitas ram penuh segera tutup beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai, dan jika RAM anda kotor karena debu cabut dan bersihkan RAM kuningan RAM dengan penghapus. Cek juga apakah kapasitas memori yang digunakan pada motherboard sesuai dengan yang tertera di layar komnputer.

5. Komputer Hang karena DRIVER komputer, jika anda baru saja menginstall suatu software ataupun update driver komputer bisa saja komputer menajdi hang karena ketidak cocokan program dengan komputer anda, untuk mengatasinya silahkan uninstall program yang sudah anda instal sebelumnya.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat dan juga bisa membantu kalian untuk mengatasi laptop atau komputer yang mengalami Hang, apabila artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ke teman-teman-lainnya, terimakasih