Pasang Banner Disini

Cara Restore File yang Terhapus dari Laptop Kita

Laptop adalah sebuah perangkat seperti komputer yang bisa dibawa kemana-mana yang memiliki bentuk relatif kecil dan simple. Laptop memiliki komponen seperti komputer namun lebih kecil dan disesuaikan dengan keadaan agar bisa dibawa bergerak kemana-mana, dan ciri khas dari laptop yang membedakan dengan komputer adalah terdapat baterai, jadi tidak langsung terhubung dengan aliran listrik. Selain itu, laptop tersedia fitur Wireless yang memungkinkan langsung terhubung dengan wifi.

Fitur dan kegunaan dari Laptop lainnya sama persis dengan komputer seperti bisa digunakan untuk menyimpan data/file, berinternet, game, mengerjakan tugas di MS Word dan lain sebagainya. Namun, sebagian spesifikasi yang dimiliki Laptop cenderung lebih minim dibandingkan dengan komputer. Di sisi lain Laptop lebih banyak digunakan untuk menyimpan file dan mengerjakan tugas karena bisa dibawa kemana-mana.
Cara Restore File yang Terhapus dari Laptop Kita

Berbicara mengenai file, pastinya Laptop mendukung penyimpanan segala jenis file dengan berbagai format, seperti format gambar, video, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya. File yang kita simpan di komputer akan masuk ke dalam perangkat Hard Disk (HDD). Harddisk disini bisa dikatakan sebagai memory internal atau tempat penyimpanan file yang ada di Laptop/Komputer. File di dalam Harddisk tentunya bisa kita hapus, salin dan duplicat, serta juga bisa kita edit dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Sebagai tempat penyimpanan file tentunya kita harus merawat Hard Disk kita supaya sehat agar file di dalamnya tidak hilang, salah satu caranya bisa kita lakukan dengan defrag Harddisk. Hilangnya file di Harddisk bukan hanya karena Hard Disk yang rusak, namun bisa juga karena virus komputer. Cara mengatasi virus kita bisa menggunakan Antivirus untuk men scan Hard Disk.

Selain itu hilangnya file juga tidak terlepas dari aktivitas kita yang secara sengaja atau tidak sengaja menghapus file yang ada di Laptop. Oleh karena itu banyak juga orang yang mencari cara bagaimana mengembalikan file yang terhapus di laptop. Nah, berikut 2 cara merecovery file yang hilang di laptop baik secara sederhana hingga yang paling sulit.

Mengatasi File Yang Terhapus di Laptop

File yang kita hapus dari Folder akan masuk ke menu "Recycle Bin". Menu ini akan menampung segala file yang kita hapus dari folder, dan bisa kita kembalikan lagi ke folder (Restore). Berikut caranya:

  1. Pertama silahkan masuk ke menu atau fitur Recycle Bin yang letaknya biasanya di pojok kiri atas layar dekstop.
  2. Kemudian klik kanan pada file yang ingin dikembalikan ke folder dengan cara klik kanan lalu pilih "Restore".
  3. Secara otomatis file akan dikembalikan ke folder asal, jadi silahkan dicek.

Cara Restore File yang Terhapus dari Laptop Kita

Namun bagaimana jika file di Recycle Bin tidak ada? Kemungkinan Anda menghapusnya baik disengaja atau tidak disengaja. Dan jika file yang berada di Recycle Bin sudah tidak ada berarti file tersebut sudah terhapus secara permanen. Lalu apakah bisa dikembalikan? masih bisa, namun kita membutuhkan software aplikasi recovery. Banyak sekali software aplikasi recovery yang bisa digunakan, sebagai rekomendasi EaseUS Data Recovery Wizard. Berikut cara mengembalikan file yang hilang dengan easeus data recovery wizard.

Cara Mengembalikan File Yang Sudah Dihapus Permanen di Laptop

Karena termasuk software aplikasi yang bukan bawaan OS, maka Anda harus mendownload EaseUS terlebih dahulu. Bisa mendownloadnya di www.easeus.com.

1. Pertama silahkan Install dan Buka aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard.
2. Kemudian buka folder tempat dimana Anda menghapus filenya.
3. Jika sudah ketemu filenya tinggal centang file yang ingin dikembalikan, lalu pilih "Recover".

Cara Restore File yang Terhapus dari Laptop Kita

4. Selanjutnya Anda akan disuruh memilih tempat/folder yang digunakan untuk save file hasil recovery.


5. Jika terdapat pemberitahuan "Saving files to original drive might reduce possibility for full data recovery. Are you sure you want to save anyway?" silahkan pilih "Save" dan secara otomatis akan tersimpan dan biasanya folder akan langsung terbuka.

Nah, itulah bagaimana cara mengambalikan file yang terhapus di laptop dengan mudah hingga cara mengembalikan file yang sudah dihapus permanen di laptop. Demikian artikel tutorial yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.