Pasang Banner Disini

Cara Mengubah Video DVD ke Mp4 Dan Subtitlenya Menggunakan HandBrake

Untuk merealisasikan hal itu, anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga, aplikasi pemroses konversi format video, yang bernama Handbrake, sebelumnya kita sudah membahas tutorial mengenai Handbrake ini, bedanya, ditutorial kali ini kita akan membahas cara mengubah video DVD menjadi format MP4, dan juga memindahkan subtitlenya.
Cara Mengubah Video DVD ke Mp4 Dan Subtitlenya Menggunakan HandBrake

Handbrake

Handbrake adalah aplikasi pengolah video yang bersifat Open Source, artinya anda berhak memilikinya secara cuma-cuma alias free, dan hebatnya lagi, bagi anda yang punya background atau latar belakang Programmer Developer anda bisa berikut serta atau join untuk pengembangannya, luar biasa bukan.

Nah, dengan sedikit trik sederhana, anda bisa memindahkan filem kesayangan anda dari Video DVD ke MP4, yang bisa memutarnya di PC atau Hanphone kapan pun anda mau.

Ukuran sebuah video DVD ternyata cukup besar berkisar antara 3 sampai 4 gigabite, tentunya kalo disimpan di PC bisa sangat menguras populasi media penyimpanan.

Agar kapasitas hardsik anda tetap terjaga, berikut langkah-langkah untuk Mengkonversi  Video DVD ke format Mp4.

1. Buka aplikasi Handbrake, seperti terlihat dibawah ini :
fokuzlagi.blogspot.com/

Untuk membantu memahami tutorial ini, syudah saya sertakan nomer urutnya ya, apa saja fungsi nomer tersebut diatas:

1. Source, adalah icon dihalaman muka aplikasi Handbrake kita, secara fungsinya memudahkan kita untuk mencari file bertipe VOB.

2. Folder, adalah file sumber atau tempat anda meletakan file dengan format VOB, bisa jadi anda sudah menyimpan film DVD ke dalam folder di komputer anda.

3. DVD ROM, adalah file sumber berasal dari DVD Rom anda, artinya Aplikasi Handbrake mengakses langsung DVD Rom.
Setelah itu, aplikasi Handbrake akan melakukan scanning seperti gambar dibawah ini:

fokuzlagi.blogspot.com/

4. Setelah scanning 100%, sudah saya urutkan prosesnya mulai dari langkah pertama adalah pilih Destination yaitu dimana persisnya anda menyimpan hasil konversi diletakan.


5. Acara selanjutnya adalah Output Setting, disini anda harus memilih jalan terbaik apakah mau out putnya dalam format MP4 atau MKV, terserah anda.


6. Langkah selanjutnya yang paling penting semua ini adalah pemilihan subtitle atau bahasa terjemahan, anda bisa lihat dibagian bawah ada tab, Picture, Filters, Video, Audio, Subtitle dan Chapter, anda bisa pilih Chapter, and bisa lihat ilustrasinya dibawah ini.

fokuzlagi.blogspot.com/
Disini untuk subtitlenya terlihat hanya Unknown (VobSub), kenapa tidak muncul subtitle Indonesia, saya juga tidak mengerti, tapi dipastikan bahwa itu adalah subtitle bahasa indonesia, pilihan tetap pada Unknown, soalnya didalam film hanya ada 2 subtitle yakni bahasa inggris dan bahasa indonesia.


Setelah semua proses sudah dilakukan barulah anda bisa menekan tombol Star dibagian atas yang berbentuk icon media player.

Atau bisa anda lihat dibawah ini.
fokuzlagi.blogspot.com/

Menunggu Saja  hingga proses konversinya berjalan, setelah terlihat tulisan finish dipojok kiri bawah, berarti pekerjaan kita sudah selesai.

Dan konversi dari Video Format DVD ke format MP4 sudah berhasil.

Demikian tutorial yang sampaikan pada kesempatan ini yakni mengenai cara Mengubah Video DVD ke Mp4 beserta Subtitlenya dengan HandBrake.